Makanan Alami



Beragam jenis vitamin, mineral, serat dan protein bisa didapatkan melalui bahan makanan segar. Kekurangan salah satu jenis nutrisi bisa sebabkan tubuh kurang sehat. 
Sebelum mengasup beragam suplemen vitamin, ada baiknya perbanyak asupan makanan ini. Selain lebih enak rasa dan teksturnya, proses pencernaan menjadi lebih sehat, daripada hanya menelan pil suplemen.
Dikutip dari berbagai sumber, makanan ini bisa memberi asupan lebih baik dari pada suplemen vitamin. 

1. Ikan laut 

Sudah banyak orang tahu jika beragam ikan laut yang berlemak sangat kaya akan vitamin D dan asam lemak omega 3. Nutrisi ini bisa merangsang fungsi otak dan mencegah peradangan. 
Ikan salmon, ikan tuna dan macakrel bisa dikonsumsi rutin tiap hari.

2. Jamur 

Aneka jamur selain dikenal sebagai pemberi rasa 'umami' juga kaya akan vitamin dan mineral. Beragam jamur meruapakan sumber vitamin D alami yang bagus. Bisa ditumis, dipanggang atau dijadikan campuran bahan makanan lainnya.

3. Sayuran hijau 

Sayuran hijau sangat penting dikonsumsi rutin karena kaya akan vitamin dan bisa memperlancar pencernaan. Sebaiknya olah seminimal mungkin dengan panas agar nutrisinya tetap awet. 
Sawi, bayam, lettuce atau kale dan kailan serta kangkung bisa jadi pilihan. 
4. Kerang  Semua orang suka kerang karena rasa gurihnya. Hewan ini kaya akan vitamin B12 juga potassium. Tiap 100 g kerang mengandung 534 mg potassium yang memenuhi 15% kebutuhan harian. 

5. Sarden 

Meskipun berukuran kecil, ikan sarden kayan akan kalsium. Kandungan kalsium 100 g sarden sama dengan 250 ml susu. Sarden juga kaya akan vitamin d dan asam lemak omega 3. Jika membeli dalam bentuk kalengan dalam minyak atau air, tiriskan air perendamnya agar rasanya tak terlalu asin.

Buah dan Tumbuhan yang Bisa dimakan Ketika dalam Keadaan Tersesat

0 Response to "Makanan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel